RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IT ................
Mapel : Siroh
Kelas
/semester : IV / I
Waktu : 1 x 35 menit (1
pertemuan )
Hari
/ tanggal :

I.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
bentuk-bentuk tekanan orang kafir terhadap dakwah
Nabi dan kesabaran beliau dalam menghadapi tekanan-tekanan dakwah
II.
Kompetensi
Dasar
1.2 Mengetahui sikap Nabi Muhammad SAW ketika
menolak untuk berhenti berdakwah
III.
Indikator
1.2.1 Siswa dapat menceritakan sikap Nabi Muhammad SAW
ketika menolak untuk berhenti berdakwah
1.2.2 Siswa dapat menceritakan kekesalan kaum kafir
Quraisy atas sikap Nabi Muhammad SAW
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui ceramah siswa dapat menunjukkan sikap
Nabi Muhammad SAW ketika menolak untuk berhenti berdakwah dengan benar.
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan
kekesalan kaum Quraisy terhadap sikap Nabi Muhammad dengan benar.
3.
Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan
usaha yang dilakukan nabi Muhammad untuk menolak berdakwah dengan benar.
V.
Karakter
yang diharapkan
Jujur (fairnes). Tekun (diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty), Integritas ( integrity ) , komunikatif
VI.
Materi
pembelajaran
Sikap Nabi Muhammad SAW ketika
menolak untuk berhenti berdakwah
VII.
Metode
dan model pembelajaran
a.
Metode :
Ceramah ,diskusi, penugasan, Tanya
jawab,
b. Model
pembelajaran : Quantum Learning
VIII.
Langkah
– Langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
awal ( 10 menit )
a.
Apersepsi.
· Guru
mengkondisikan kelas (absensi dan berdoa )
· Menanyakan
materi pada pertemuan sebelumnya.
· “Apa
yang kamu lakukan jika kamu diajak mencuri Oleh temannu ?”
· Guru
bercerita tentang pengalaman dan siswa diminta untuk menanggapi pertanyaan
guru.
b.
Motivasi
Guru
memberikan semangat berupa motivasi atau game untuk menumbuhkan semangat
belajar pada siswa.
c.
Tujuan Pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yaitu supaya siswa dapat menjelaskan Sikap Nabi Muhammad SAW
ketika menolak untuk berhenti
berdakwah
2.
Kegiatan
inti ( 20 menit )
a. Eksplorasi
· Guru
menggali pengetahuan awal siswa dengan tanya jawab. (“apa yang dilakukan orang
Quraisy jika melihat nabi Muhammad SAW berdakwah ?”)
· Meminta
siswa untuk menjawab di depan kelas
· Guru
meminta para siswa menceritakan apa
saja yang diketahui, tentang sikap kaum Quraisy terhadap dakwah nabi ,begitu juga
sebaliknya.
· Dengan
ceramah guru menjelasakan materi kepada siswa tentang bentuk tekanan dalam
dakwah Nabi Muhammad SAW.
· Siswa
membaca buku bacaan / buku paket
b. Elaborasi
· Guru
menjelaskan kepada siswa tentang pelaksanaan model pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Dengan
menggunkan media gambar dan video guru menjelaskan materi kepada siswa untuk
mengkongritkan pengetahuan siswa.
· Siswa
mendemonstrasikan antara pengikut nabi Muhammad dan quraisy
· Guru
sebagai fasilitator bekeliling membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran.
· Dengan
Buku paket dan buku LKS guru meluruskan pemahaman siswa
· Guru
memberikan LKS tentang bentuk tekanan dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW
· Memberi reward dan penguatan kepada siswa
c.
Konfirmasi
· Memberi
soal evaluasi kepada siswa
· Guru
membantu siswa yang mengalami kesulitan belajarapabila mengalami kesulitan
· Memberi
informasi secara lebih luas kepada siswa.
· Memberi
motivasi bagi siswa yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran.
3.
Kegiatan
akhir ( 10 menit )
· Siswa
bersama guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
· Guru
mengakhiri pembelajaran
· Memberi
pesan moral kepada anak untuk selalu meniru hal yang baik, dan membuang hal
yang buruk.
IX.
Media
dan sumber belajar
Media
· Pengalaman
Guru
· Al
quran (Juz Amma)
· Gambar
sikap buruk dan baik
Sumber
belajar
·
Buku Siroh jilid 4, tim Penulis FKLPI
X.
Penilaian
· Prosedur :
akhir
· Jenis : tertulis
· Bentuk : uraian
· Instrumen : soal, kunci jawaban,kriteria penilaian
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui, Kartasura,
Kepala
SDIT ............ Guru
Mata Pelajaran
...........................
PlaynGo in VR with the best video game - YouTube
BalasHapusTop Sports VR Games - Best Sports Games on YouTube 유튜브 - Play n Go. choegocasino Best Sports Games on YouTube - Best Sports Games on YouTube - Top Sports Games on YouTube - Top Sports Games on YouTube - Top worrione Sports Games on