Rabu, 14 November 2012

skenario pembelajaran PAUD


[Enter Post Title Here]


BAHAN AJAR
 (Skenario Pembelajaran)

Tema                               : Rekreasi
Subtema                           : Berlibur ke Pantai
Hari/Tanggal                    : ............................................
Kelompok    /Semester     : TK (anak usia 5-6 tahun)  / Genap
Bidang Pengembangan    : Nilai-nilai Agama&Moral,Motorik, Kognitif,Bahasa,                                           Sosial  Emosional, Kemandirian.
Bentuk Pembelajaran       : Sentra Persiapan
Model Pembelajaran        : Kooperatif, Metode Struktural, Teknik Bertukar                                              Pasangan

Tujuan utama pembelajaran Kooperatif metode struktural , yakni: untuk meningkatkan penguasaan isi akademik dan ada pula stuktur tujuannya untuk mengajarkan keterampilan sosial.
PRA KEGIATAN:
1.    Menyambut kedatangan anak, diantarkan untuk bermain bebas sebentar
2.    Guru membunyikan lonceng tanda kegiatan akan dimulai
3.    Anak-anak diajak berbaris
4.    Bermain tepuk tangan
5.    Menyanyikan lagu “ayo berbaris”
Lagu :
Lonceng berbunyi baris di halaman
Bersiap kaki rapat pegang pundak teman
Tangan ke atas rentang ke samping
Sekarang di bahu kemudian dipinggang
Loncat yang tinggi 1 2 3
Menirukan gaya burung terbang di udara

KEGIATAN AWAL
A.   Bidang Pengembangan :Pembiasaan Nilai-nilai agama & Moral
1. Guru mengajak anak-anak duduk setengah lingkaran di karpet (Pijakan awal)
1. Guru mengucapkan salam dan anak-anak membalas
2. Guru mengajak anak-anak berdoa dan guru memperhatikan satu-persatu bagaimana sikap anak-anak dalam berdoa.
3. Guru membimbing anak-anak untuk melafalkan doa mau belajar (Doa: ditulis)
4. Kemudian guru mengajak anak-anak menyanyikan sebuah lagu “ libur telah tiba”
Lagu :
Libur telah tiba...hore 3X
Hatiku gembira
Simpanlah tas dan bukumu
Hilangkan keluh kesahmu
Libur telah tiba 2X
Hatiku gembira
5. Guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman anak saat berlibur  (disini guru  bertujuan membangun pengetahuan anak berdasarkan pengalaman riil yang diperolehnya).
6. Guru bercerita tentang pengalaman berlibur Rio ke pantai Tanjung Jumlai, guru menggunakan foto seorang anak (Rio) dan keluarga  yang sedang berlibur di pantai Tanjung Jumalai.
Ø Guru selain melakukan pembimbingan dan pendampingan juga melakukan : authentic assesment dengan lembar unjuk kerjanya sebagai instrumen evaluasi.
KEGIATAN INTI (Pijakan main di Sentra)
Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran teknik bertukar pasangan pada anak :
1.    Guru membagi anak menjadi 3 kelompok (12 anak), guru sudah menentukan anak yang akan di bagi dalam 3 kelompok.
2.    Guru memberikan tugas pada masing-masing kelompok (menjelaskan tugas yang dikerjakan masing-masing kelompok).
·     Kelompok 1 :menemukan perbedaan antara dua gambar (permaian membandingkan gambar),
·     Kelompok 2 : Menceritakan kembali cerita gambar berseri,
·     Kelompok 3 : Membuat kapal-kapalan dengan kertas origami.
3.    Setelah selesai mengerjakan tugas dalam kelompoknya, lalu kelompok mengirim dua orang anak ke kelompok lain (bertukar pasangan).
4.    Tugas anak yang diutus dalam kelompok lain adalah belajar tentang tugas yang ada kelompok barunya dan kembali ke kelompok semula (anak bertukar pasangan sebanyak 3 kali).
5.    Temuan baru yang didapatkan dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan pada kelompok semula.

BERMAIN DI SENTRA KOGNITIF
Menunjukan kejanggalan suatu gambar
·  Anak menemukan perbedaan antara dua gambar, ada 9 perbadaan yang harus ditemukan anak.

BERMAIN DI SENTRA BAHASA
              Menceritakan kejadian secara sederhana dengan urut
·     Menceritakan kembali cerita gambar berseri

BERMAIN  DI SENTRA FISIK MOTORIK
          Meniru melipat kertas sederhana (7-9 lipatan)
·     Membuat kapal-kapalan dengan kertas origami
KEGIATAN ISTIRAHAT (Pengembangan Sos-Em dan Kemandirian)
1.    Mencuci tangan
2.    Anak-anak menuju ke ruang makan
3.    Guru terus selalu menyampaikan langkah-langkah makan yang baik
4.    Berdoa mau makan (Tulis doanya)
5.    Awal-awal masuk, jika anak belum trampil makan sendiri, guru dapat membantu dan mendampingi untuk makan bagi anak-anak usia 2-3 tahun
6.    Di saat makan, anak-anak dapat saling berbagi makanan, berbagai perhatian dengan teman sebelahnya, tetapi tidak boleh meninggalkan adab makan.
7.    Setelah makan dan minum, anak-anak bermain di luar/out door dan tetap didampingi guru
8.    Anak-anak dapat berinteaksi satu dengan yang lain dalam bermain dengan kondusif, saling berbagi perhatian, tenggang rasa, saling menyayangi satu dengan yang lain.

KEGIATAN AKHIR (anak-anak kumpul bersama)
1.    Guru dan anak-anak duduk setengah/melingkar
2.    Guru mengajak bernyanyi lagi, lagu “Galang Sepatu Gelang” (colling down)
3.    Guru mengulang kegiatan yang telah dilakukan oleh anak, dan memperlihatkan pekerjaan yang sudah dilakukan anak
4.    Guru menyampaikan pesan-pesan moral sebelum pulang
5.    Guru meminta murid (untuk memimpin doa mau pulang)
6.    Guru menyampaikan salam dan anak menjawab
7.    Untuk menghindari berebut, guru dapat menggunakan kriteria yang berganti-ganti: warna baju, huruf awal anak, dll
8.    Anak-anak pulang dengan diakhiri anak memberi cium tangan pada guru, dan guru tetap memperhatikan bagaimana sikap cium tangan pada setiap anak.



1.    http://nugrainna.files.wordpress.com/2010/09/nyebur.jpgGambar Ina sedang berlibur ke pantai










2.    Gambar yang digunakan untuk permainan mencari perbedaan
depositphotos_6284048-Find-the-differences-visual-puzzle1111.jpg















3.   
liburan rio
 
Cerita berseri
saat makan malam keluarga
kakek berjanji akan mengajak
kami pergi berlibur ke pantai
 
pukul  7 kami berangkat
dengan menggunakan mobil
rio duduk di samping ayahnya

 
kami sampai dengan selamat
semua merasa bahagia
 
rio bermain di pantai
dengan di tamani ayah

 
at_the_beach_sp.gif4_caillou-(caillou discovers)-2010-07-24-0.jpgcaillou-family.jpgcaillou_different_family.jpg
4.    Gambar kapal dari origami
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxkx63CU3_yb2irIyio037WRt0HMAGk83dFpA3yxMzMeqEYi08ANfRWU6jg3S_Rfwv6QXNiPQNECBkgsgWnSaGAXTXstXIau3_HVi5S80diiQ0hRuWB2rtgniG4La_-8Sh_sikyAVPoPCR/s1600/steam+ship.gif

1 komentar:

  1. Casino Rewards App – Download the best app
    The casino 군산 출장샵 rewards app allows players to 포천 출장마사지 earn rewards for free in real time, whether they are playing 김제 출장마사지 for 수원 출장샵 free, with the help of our 의정부 출장마사지 Rewards

    BalasHapus