[Enter Post Title
Here]
BAHAN AJAR
(Skenario Pembelajaran)
Tema : Rekreasi
Subtema : Berlibur ke Pantai
Hari/Tanggal : ............................................
Kelompok /Semester : TK (anak usia 5-6
tahun) / Genap
Bidang Pengembangan :
Nilai-nilai Agama&Moral,Motorik, Kognitif,Bahasa, Sosial
Emosional, Kemandirian.
Bentuk Pembelajaran :
Sentra Persiapan
Model Pembelajaran :
Kooperatif, Metode Struktural, Teknik Bertukar Pasangan
Tujuan utama pembelajaran Kooperatif metode struktural ,
yakni: untuk meningkatkan
penguasaan isi akademik dan ada pula stuktur tujuannya untuk mengajarkan
keterampilan sosial.
PRA KEGIATAN:
1.
Menyambut
kedatangan anak, diantarkan untuk bermain bebas sebentar
2.
Guru
membunyikan lonceng tanda kegiatan akan dimulai
3.
Anak-anak
diajak berbaris
4.
Bermain
tepuk tangan
5.
Menyanyikan
lagu “ayo berbaris”
Lagu :
Lonceng berbunyi
baris di halaman
Bersiap kaki rapat
pegang pundak teman
Tangan ke atas
rentang ke samping
Sekarang di bahu
kemudian dipinggang
Loncat yang tinggi
1 2 3
Menirukan gaya
burung terbang di udara
KEGIATAN AWAL
A. Bidang Pengembangan :Pembiasaan
Nilai-nilai agama & Moral
1. Guru mengajak anak-anak duduk setengah lingkaran di
karpet (Pijakan awal)
1. Guru mengucapkan salam dan anak-anak membalas
2.
Guru mengajak anak-anak berdoa dan guru memperhatikan satu-persatu bagaimana
sikap anak-anak dalam berdoa.
3.
Guru membimbing anak-anak untuk melafalkan doa mau belajar (Doa: ditulis)
4. Kemudian guru mengajak anak-anak menyanyikan sebuah
lagu “ libur telah tiba”
Lagu :
Libur telah tiba...hore 3X
Hatiku gembira
Simpanlah tas dan bukumu
Hilangkan keluh kesahmu
Libur telah tiba 2X
Hatiku gembira
5.
Guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman anak saat berlibur (disini guru
bertujuan membangun pengetahuan anak berdasarkan pengalaman riil yang
diperolehnya).
6.
Guru bercerita tentang pengalaman berlibur Rio ke pantai Tanjung Jumlai, guru
menggunakan foto seorang anak (Rio) dan keluarga yang sedang berlibur di pantai Tanjung
Jumalai.
Ø Guru selain melakukan pembimbingan dan pendampingan juga
melakukan : authentic assesment
dengan lembar unjuk kerjanya sebagai instrumen evaluasi.
KEGIATAN
INTI (Pijakan main di Sentra)
Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran teknik
bertukar pasangan pada anak :
1.
Guru
membagi anak menjadi 3 kelompok (12 anak), guru sudah menentukan anak yang akan
di bagi dalam 3 kelompok.
2.
Guru
memberikan tugas pada masing-masing kelompok (menjelaskan tugas yang dikerjakan
masing-masing kelompok).
·
Kelompok
1 :menemukan perbedaan antara dua gambar (permaian membandingkan gambar),
·
Kelompok
2 : Menceritakan kembali cerita gambar berseri,
·
Kelompok
3 : Membuat kapal-kapalan dengan kertas origami.
3.
Setelah
selesai mengerjakan tugas dalam kelompoknya, lalu kelompok mengirim dua orang
anak ke kelompok lain (bertukar pasangan).
4.
Tugas
anak yang diutus dalam kelompok lain adalah belajar tentang tugas yang ada
kelompok barunya dan kembali ke kelompok semula (anak bertukar pasangan
sebanyak 3 kali).
5.
Temuan
baru yang didapatkan dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan pada kelompok
semula.
BERMAIN
DI SENTRA KOGNITIF
Menunjukan kejanggalan suatu gambar
· Anak menemukan
perbedaan antara dua gambar, ada 9 perbadaan yang harus ditemukan anak.
BERMAIN
DI SENTRA BAHASA
Menceritakan kejadian secara sederhana dengan urut
·
Menceritakan
kembali cerita gambar berseri
BERMAIN DI SENTRA FISIK MOTORIK
Meniru melipat kertas sederhana (7-9 lipatan)
·
Membuat
kapal-kapalan dengan kertas origami
KEGIATAN
ISTIRAHAT (Pengembangan Sos-Em dan Kemandirian)
1. Mencuci tangan
2. Anak-anak menuju ke ruang makan
3. Guru terus selalu menyampaikan langkah-langkah makan yang
baik
4. Berdoa mau makan (Tulis doanya)
5. Awal-awal masuk, jika anak belum trampil makan sendiri,
guru dapat membantu dan mendampingi untuk makan bagi anak-anak usia 2-3 tahun
6. Di saat makan, anak-anak dapat saling berbagi makanan,
berbagai perhatian dengan teman sebelahnya, tetapi tidak boleh meninggalkan
adab makan.
7. Setelah makan dan minum, anak-anak bermain di luar/out
door dan tetap didampingi guru
8. Anak-anak dapat berinteaksi satu dengan yang lain dalam
bermain dengan kondusif, saling berbagi perhatian, tenggang rasa, saling
menyayangi satu dengan yang lain.
KEGIATAN
AKHIR (anak-anak kumpul bersama)
1. Guru dan anak-anak duduk setengah/melingkar
2. Guru mengajak bernyanyi lagi, lagu “Galang Sepatu Gelang”
(colling down)
3. Guru mengulang kegiatan yang telah dilakukan oleh anak,
dan memperlihatkan pekerjaan yang sudah dilakukan anak
4. Guru menyampaikan pesan-pesan moral sebelum pulang
5. Guru meminta murid (untuk memimpin doa mau pulang)
6. Guru menyampaikan salam dan anak menjawab
7. Untuk menghindari berebut, guru dapat menggunakan
kriteria yang berganti-ganti: warna baju, huruf awal anak, dll
8. Anak-anak pulang dengan diakhiri anak memberi cium tangan
pada guru, dan guru tetap memperhatikan bagaimana sikap cium tangan pada setiap
anak.
1.
Gambar Ina sedang berlibur ke pantai

2. Gambar yang digunakan untuk permainan mencari perbedaan

3.
Cerita berseri
|
|
|||||||
|
|||||||
|
|||||||
|




4. Gambar kapal dari origami

Casino Rewards App – Download the best app
BalasHapusThe casino 군산 출장샵 rewards app allows players to 포천 출장마사지 earn rewards for free in real time, whether they are playing 김제 출장마사지 for 수원 출장샵 free, with the help of our 의정부 출장마사지 Rewards