RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IT xxxxxxx
Mapel : Siroh
Kelas
/semester : IV / I
Waktu : 1 x 35 menit (1
pertemuan )
Hari
/ tanggal :

I.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
bentuk-bentuk tekanan orang kafir terhadap dakwah
Nabi dan kesabaran beliau dalam menghadapi tekanan-tekanan dakwah
II.
Kompetensi
Dasar
1.3 Memahami keteguhan dan kesabaran Nabi Muhammad SAW
III.
Indikator
1.3.1 Mengetahui
keteguhan Nabi Muhammad dalam berdakwah
1.3.2 Mengetahui
kesabaran nabi Muhammad dalam menyebarkan islam
1.3.3 Mencontoh
keteguhan dan kesabaran Nabi Muhammad SAW
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui ceramah siswa dapat mengetahui
ketabahan nabi Muhammad SAW dalam berdakwah dengan benar.
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menceritakan bentuk bentuk kesabaran nabi Muhammad dalam berdakwah dengan
benar.
3.
Melalui penugasan siswa dapat mencontoh
keteguhan dan kesabaran Nabi Muhammad SAW dengan benar.
V.
Karakter
yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun (diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty), Integritas ( integrity ) , dan Jujur (fairnes).
VI.
Materi
pembelajaran
Bentuk-bentuk kesabaran dan
keteguhan nabi Muhammad dalam berdakwah
VII.
Metode
dan model pembelajaran
a.
Metode :
Ceramah ,diskusi, penugasan, Tanya
jawab, demonstrasi.
b. Model
pembelajaran : Kooperative Student
Team Achievment Division (STAD)
VIII.
Langkah
– Langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
awal ( 10 menit )
a.
Apersepsi.
· Guru
mengkondisikan kelas (absensi dan berdoa )
· Guru
mengaitkan materi dengan kehidupan siswa dengan tanyajawab
· “Apa
yang kamu lakukan jika kau di ejek temannu ?”
· “Bagaimana
sikap yang kamu tunjukkan jika kamu berda dijalan yang benar ,tetapi dijauhi
orang ?”
b.
Motivasi
Guru
memberikan semangat berupa motivasi atau ice
breaking untuk menumbuhkan semangat belajar pada siswa.
c.
Tujuan Pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yaitu supaya siswa dapat menjelaskan bentuk kesabaran dan
keteguhan nabi Muhammad dalam berdakwah.
2.
Kegiatan
inti ( 20 menit )
a. Eksplorasi
· Guru
menggali pengetahuan awal siswa dengan tanya jawab. (“Coba jelaskan secara
singkat perjuangan dakwah Nabi Muhammad terhadap kaum Qurais!” .)
· Meminta
siswa untuk menjawab secara kompetisi
· Guru
menanggapi jawaban siswa , meluruskannya serta memberikan materi
· Dengan
ceramah guru menjelasakan materi kepada siswa tentang keteguhan dan kesabaran
nabi Muhammad dalam berdakwah.
· Siswa
membaca buku bacaan / buku paket
b. Elaborasi
· Guru
menjelaskan kepada siswa tentang pelaksanaan model pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa
dalam satu kelompok diminta untuk saling membantu dan bekerjasama.
· Setiap
kelompok mengerjakan LKS tentang contoh contoh kesabaran nabi mUhammad dalam
berdakwah
· Siswa
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
· Memberi reward dan penguatan kepada siswa
c.
Konfirmasi
· Memberi
soal evaluasi kepada siswa
· Guru
membantu siswa yang mengalami kesulitan belajarapabila mengalami kesulitan
· Memberi
informasi secara lebih luas kepada siswa.
· Memberi
motivasi bagi siswa yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran.
3.
Kegiatan
akhir ( 10 menit )
· Siswa
bersama guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
· Guru
mengakhiri pembelajaran
· Memberi
pesan moral kepada anak untuk selalu berpegang teguh dan sabar dalam meniru
ajaran islam
IX.
Media
dan sumber belajar
Media
· Pengalaman
Guru
· Al
quran (Juz Amma)
· LCD
dan laptop
Sumber
belajar
·
Buku Siroh jilid 4, tim Penulis FKLPI
X.
Penilaian
· Prosedur :
akhir
· Jenis : tertulis
· Bentuk : uraian
· Instrumen : soal, kunci jawaban,kriteriapenilaian
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui, Kartasura,
Kepala
SDIT xxxxxxxx Guru
Mata Pelajaran
Arief
Yulianto, S.
Pd. I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar