RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IT
Mapel : Siroh
Kelas
/semester : IV / I
Waktu : 1 x 35 menit (1
pertemuan )
Hari
/ tanggal :

I.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
bentuk-bentuk tekanan orang kafir terhadap dakwah
Nabi dan kesabaran beliau dalam menghadapi tekanan-tekanan dakwah
II.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menceritakan
bentuk-bentuk tekanan dakwah Nabi Muhammad SAW
III.
Indikator
1.1.1 Siswa dapat mengetahui usaha yang dilakukan kaum kafir Quraisy
untuk menghalangi dakwah Nabi
1.1.2
Siswa dapat mengetahui kisah
kaum
Quraisy yang mengancam Abu Thalib
1.1.3 Siswa dapat mengetahui kisah rencana dan
pelaku rencana pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui ceramah siswa dapat menjelaskan
usaha yang dilakukan kaum quraisy untuk menghalangi dakwah nabi.
2.
Melalui diskusi siswa dapat menunjukkan
kisah rencana pembunuhan nabi Muhammad oleh kaum quraisy
3.
Melalui tanya jawab siswa dapat
mengetahui kisah kaum quraisy yang mengancam Abu thalib dengan benar.
V.
Karakter
yang diharapkan
Tanggung jawab ,kerjasama, Tekun (diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur (fairnes).
VI.
Materi
pembelajaran
Menceritakan
bentuk-bentuk tekanan dakwah Nabi Muhammad SAW
VII.
Metode
dan model pembelajaran
a.
Metode :
Ceramah ,diskusi, penugasan, Tanya
jawab,
b. Model
pembelajaran : Contextual Teaching
and Learning (CTL)
VIII.
Langkah
– Langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
awal ( 10 menit )
a.
Apersepsi.
· Guru
mengkondisikan kelas (absensi dan berdoa )
· Guru
mengaitkan materi dengan kehidupan siswa.
· ‘”Bagaimana
watak orang quraisy terhadap ajaran Nabi Muhammad ?”
· “Apakah
mereka pengikut atau musuh nabi Muhammad?”
· Guru
bercerita tentang pengalaman dan siswa diminta untuk menanggapi pertanyaan
guru.
b.
Motivasi
Guru
memberikan semangat berupa motivasi untuk menumbuhkan semangat belajar pada
siswa.
c.
Tujuan Pembelajaran
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu supaya siswa dapat menjelaskan bentuk
bentuk tekanan dalam dakwah Nabi Muhammad SAW.
2.
Kegiatan
inti ( 20 menit )
a. Eksplorasi
·
Guru menggali pengetahuan awal siswa
dengan tanya jawab. (“Berikan contoh bentuk tekanann dalam dakwah nabi Muhammad
SAW.!”)
·
Siapa yang mempunyai rencana untuk
membunuh Babu Tholib?”
·
Guru meminta para siswa menceritakan apa saja yang diketahui tentang tekanan kaum kafir
Quraisy terhadap dakwah Rasulullah SAW
·
Dengan ceramah guru menjelasakan materi
kepada siswa tentang bentuk tekanan dalam dakwah Nabi Muhammad SAW.
·
Siswa membaca buku bacaan / buku paket
·
Menggunakan Media Audio Visual untuk
mengkongritkan pengetahuan siswa
b. Elaborasi
· Guru
menjelaskan kepada siswa tentang pelaksanaan model pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Siswa
dalam satu kelompok diminta untuk saling membantu dan bekerjasama.
· Guru
meminta siswa menyebutkan siapa
saja orang-orang kafir Quraisy yang menentang dakwah Nabi.
· Guru
sebagai fasilitator bekeliling membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran.
· Guru
memberikan LKS tentang bentuk tekanan dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW
· Siswa
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
· Memberi reward dan penguatan kepada siswa
c.
Konfirmasi
· Memberi
soal evaluasi kepada siswa
· Guru
membantu siswa yang mengalami kesulitan belajarapabila mengalami kesulitan
· Memberi
informasi secara lebih luas kepada siswa.
· Memberi
motivasi bagi siswa yang kurang atau belum aktif dalam pembelajaran.
3.
Kegiatan
akhir ( 10 menit )
· Siswa
bersama guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
· Guru
mengakhiri pembelajaran
· Memberi
pesan moral kepada anak untuk selalu isriqomah dalam meniru ajaran Nabi
Muhammad meskipun banyak tekanan atau
hambatan.
IX.
Media
dan sumber belajar
Media
· Pengalaman
Guru
· Al
quran (Juz Amma)
· Laptop
dan LCD
Sumber
belajar
·
Buku Siroh jilid 4, tim Penulis FKLPI
X.
Penilaian
· Prosedur :
akhir
· Jenis : tertulis
· Bentuk : uraian
· Instrumen : soal, kunci jawaban,criteria penilaian
Contoh
Instrumen :
- Apa bentuk permintaan kaum kafir Quraisy terhadap Abu Thalib?
- Bagaimana sikap Abu Thalib terhadap Nabi Muhammad SAW?
- Sebutkan tokoh-tokoh yang memusuhi Nabi Muhammad SAW!
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui, Kartasura,
Kepala
SDIT Guru
Mata Pelajaran
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar